Pages

Subscribe:

Badai siklon anggrek di Indonesia

Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai Badai Siklon Anggrek yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia. Kepala BMKG, Sri Wowo B. Harijono menyatakan saat ini Badai Anggrek sedang terjadi dan diprediksi akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia hingga beberapa hari kedepan seperti wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan.

Datangnya badai siklon tropis ini memperburuk distribusi bantuan dan evakuasi korban gempa tsunami di Mentawai. Kepala BMKG itu menuturkan badai tersebut akan mengganggu trasportasi darat serta angkutan lau karena gelombang tinggi.

Badai anggrek terjadi akibat massa uap air meninggkat sehingga berdampak pada kenaikan curah hujan yang tinggi yang mencapai lebih dari 50 milimeter per hari. Badai Anggrek ini menimbulkan curah hujan yang tinggi atau di atas normal.

Budiman Sumiaji, Koordinator Analisa Meteorologi BMKG Padang mengatakan, siklon tropis Anggrek terjadi pada 1.050 kilometer barat daya Kerinci. Kepulauan Mentawai berada di dekat pusat siklon sehingga memicu cuaca buruk di kawasan ini.

Namun, cuaca buruk kembali datang, sejumlah helikopter di Mentawai masih sulit kembali ke Padang. Angin kencang hingga 25 knot sempat terjadi di wilayah Bandara Internasional Minangkabau dan menganggu penerbangan di sini.


0 komentar:

Post a Comment

Followers